Penjelasan tentang warna di CMYK & RGB

CMYK adalah Cyan Magenta Yellow + Key (black)

RGB adalah Red Green Blue

warna pada CMYK :

Cyan : didapat dari gabungan warna hijau dan biru.

Magenta : didapat dari gabungan warna merah dan biru.

Yellow : didapat dari gabungan warna hijau dan merah.

Saat apa kita harus membuat desain sebuah grafis kita menjadi CMYK atau RGB? apa sih bedanya??

Kalau kalian pernah mencetak sebuah banner atau spanduk. Kalian mungkin sudah tau hal ini.

Jadi dalam sebuah percetakan, Warna yang digunakan untuk mencetak banner atau spanduk adalah dari jenis CMYK (Cyan Magenta Yellow Black). Kenapa begitu? ya memang dari dulu emang komposisi nya seperti ini. Jadi komposisi waktu ngeprint begitu. Cyan berapa persen, magenta berapa persen, Yellow berapa persen, Black berapa persen. Bukan Red Green Blue.

Lalu kalo kita punya desain dalam bentuk RGB di cetak jadinya gimana?? Ya dijamin warna yang tercetak akan berbeda dengan hasil dari desain kalian. Terus gimana dong biar tetap sama?  ya diusahain kalo mendesain untuk percetakan pake format warna CMYK. Kalau sudah terlanjur jadi RGB, bisa dipindah ke CMYK kok, tapi terkadang ada beda warnanya sedikit. Kalau di Photoshop bisa di IMAGE>mode>CMYK color.

RGB. Format warna RGB biasa digunakan pada Layar LCD, monitor, tv atau proyektor. Mengapa? karena mata kita lebih sensitif dengan warna dari tipe ini. Jadinya perangkat monitor atau layar dibuat memiliki sifat RGB ini bukan CMYK. Hasil foto digital juga bersifat warna RGB.