Sudah lama sekali saya tidak update, banyak alasan yang bisa menghalangi saya update blog ini. Tapi untuk kali ini kita tidak sedang membahas masalah itu, namun kita sedang membahas masalah Dropbox. Atau yang bisa kita artikan satu-satu kedalam bahasa indonesia yaitu Drop : menjatuhkan / jatuh / turun,  sedangkan Box : kotak. Namun jika kedua kata itu disatukan maka akan sama dengan aplikasi Dropbox yang sangat mengesankan ini.

Dropbox adalah aplikasi FREE alias GRATIIIIIIISSS yang sudah memiliki jenis untuk tiap-tiap sistem operasi. Yang saya ketahui, dropbox tersedia untuk sistem operasi : Linux, Windows, RIM-BlackBerry, Android, dan IOS (MAC mobile OS). Saya kurang tau apakah dropbox tersedia untuk MAC-OS.

Langsung kepada fungsinya. Diawali dengan penjelasan umum, dropbox yaitu aplikasi yang menyediakan penggunanya media penyimpanan online serta backup secara gratis sebesar 2GB untuk setiap user yang terdaftar. Apa sih kelebihannya? Kelebihannya yaitu saya rasakan pada handheld BlackBerry saya, karena tidak semua data dapat saya simpan dalam memory card atau phone memory, maka saya manfaatkan sekali layanan ini. Sebagian data saya saya pindahkan ke server dropbox dan di simpan dalam folder-folder yang sudah saya buat sebelumnya (agar mudah, dan tidak kesulitan dalam pencarian data). Jadi dalam aplikasi ini kita dapat membuat folder-folder khusus layaknya windows explorer kita dapat membuat direktori (folder) dan menyusun data kita didalamnya.

Sudah dapat menggambarkan dropbox seperti apa?

Cara cepat untuk sign-up http://db.tt/jSyujrW

Ini adalah link web resmi dari dropbox https://www.dropbox.com/

Disana anda akan disuguhi tampilan yang sangat sederhana, dan disuguhi pula video tentang dropbox tak lupa link untuk mendownload aplikasinya berdasarkan sistem operasi anda.

Untuk selanjutnya yaitu kegunaan dropbox dalam PC / notebook insyaallah akan saya jelaskan lain kali. Tapi sedikit gambaran : kemaren kakak saya menjelaskan bahwa kita dapat lebih mudah untuk menyimpan file online dengan menggunakan dropbox pada notebook / PC, dan kita dapat mengakses data kita dimanapun dengan laptop manapun asal menggunakan aplikasi dropbox dan tentunya koneksi internet.

untuk tambahan : kegiatan penyimpanan data menggunakan dropbox memerlukan koneksi internet dan rate upload ataupun download sangat bergantung koneksi internet anda.