QR-Code.

Mungkin ada beberapa orang yang masih belum mengetahui, bahkan bingung tentang QR-Code dan bertanya “Apaan sih QR-Code itu? Fungsinya untuk apa? Dipake nya dimana?”. Nah disini saya akan menjelaskan dan menggambarkan sedikit tentang apa sih QR-Code, dan bagaimana buatnya.

QR-Code sebenarnya adalah sebuah barcode. Seperti yang biasanya kita jumpai pada bungkus  makanan kemas, seperti mie instan, snack dan macam-macam lainnya. Fungsi Barcode pada setiap bungkus makanan kemasan seperti itu adalah untuk efisiensi pendataan jumlah belanja, dengan sekali scan barcode barang belanjaan anda dalam sekejap mata langsung masuk ke dalam daftar belanjaan beserta harganya. Memang sebuah perkembangan teknologi yang sangat membantu manusia dalam hidupnya.

barcode dalam sebuah kemasan makanan

Sedangkan QR-Code adalah matrix barcode atau bahasa mudahnya barkode dua dimensi. Kata QR sendiri singkatan dari Quick Response (respon cepat). Berdasarkan namanya, kita dapat menebak bahwa ini adalah pengembangan dari barkode yang biasanya digunakan pada kemasan makanan, yang memungkinkan seseorang untuk dapat menerjemahkan Barkode tersebut dengan kecepatan tinggi / dengan sangat cepat.

QR-Code dan Barcode lainnya berbeda spesifikasi, maka berbeda pula cara penanganannya (scannya), scan QR-Code sekarang sudah banyak di jumpai terpasang dalam gadget jinjing seperti SmartPhone. Dalam kegunaanya QR-Code dimanfaatkan oleh salah satu perusahaan SmartPhone untuk menyimpan & untuk menambahkan teman dalam fitur BlackBerry Messenger pada perusahaan Research In Motion (RIM). Dengan cara kita scan QR-Code teman kita itu, secara otomatis teman kita itu terinvite dalam Friend List kita. Sungguh sangat mudah, tanpa mengetik dan menekan, tinggal scan, otomatis dapat ter-redirect atau menjalankan sebuah perintah yang terdapat dalam QR-Code tersebut.

Dalam sejarahnya, di jepang QR-Code diciptakan oleh perusahaan Toyota anak perusahaan Denzo-Wave pada tahun 1994, dan QR-Code menjadi salah satu yang terkenal dan di gunakan dalam tipe barkode dua dimensi. Kode ini sendiri terdiri dari modul hitam yang diatur dalam pola persegi berlatar belakang putih. Dan informasi yang di kodekan dapat berupa URL, text, dan lainnya.

Pada awal penggunaan nya QR-Code ini digunakan untuk pelacakan maupun pengecekan manufactur kendaraan. Namun sekarang digunakan dalam banyak hal, dan dengan konteks yang lebih luas.

Menggunakan QR-Code itu asik lo, apalagi kalo itu bisa digunain dalam blog kita. Jadi pengunjung (pembaca) blog kita dapat membuka artikel kita dalam gadget mereka juga dengan mudah, tinggal scan QR-Code nya, otomatis akan membuka kepada link bacaan nya. Mudah dan menarik kan?

Terus?? gimana sih cara buatnya?? Cara buatnya gampang, dan mudah koq.

  1. Kita bisa cari penyedia pembuatan QR-Code gratis di google atau mesin pencari lain, contoh keyword nya di sini.
  2. Saya ambil satu penyedia layanan pembuat QR-Code gratis yaitu http://qrcode.kaywa.com/. Dalam tampilan webnya, situs ini menyediakan generate dari URL, Teks, No telepon, dan SMS. Pilih salah satu
  3. Tinggal masukkan saja apa yang akan anda generate kedalam QR-Code anda nantinya.
  4. Klik tombol Generate!
  5. Jangan lupa menentukan ukuran QR-Code anda. Pilihannya sama seperti ukuran baju loh, ada S, M, L, XL.
  6. Dan lihatlah, mudah dan ringkas. QR-Code anda berhasil dan dapat segera digunakan.
Tampilan Awal
Tampilan Setelah Proses

Untuk teman-teman yang ingin mencoba membuatnya silakan saja mengikuti link diatas. Dan bagi teman-teman yang ingin negunduh (download) aplikasi scan QR-Code dapat klik di sini , ataupun dapat scan barkode berikut :

Jangan lupa untuk register sebelumnya, for free kok. Setelah itu ikuti saja petunjuknya.

Itu saja dari saya, selamat mencoba😉

Post ini dapat anda buka dengan scan barcode berikut :