Berawal dari kebetean, iseng-iseng saya buka blog kesayangan menggunakan handheld Blackberry saya. Liat-liat tampilan yang berbeda dari blog wordpress saya, dikarenakan tampilannya menjadi mobile view. Scroll-scroll ke bagian bawah dari blog saya, whalaaa.. apa yang saya temukan??

Sebuah pemberitahuan “Now Available! Download WordPress for BlackBerry“. Yaitu sebuah pemberitahuan mengenai aplikasi WordPress yang sudah tersedia untuk BlackBerry. Langsung saja saya klik link yang tersedia untuk mengunduh WordPress for BlackBerry. Tidak lama untuk mengunduh applikasi ini, tinggal anda memilih link download yang sesuai dengan OS anda. Tunggu proses downloading yang tergantung dengan koneksi BIS (BlackBerry Internet Service) anda. Kalau saya sih menggunakan Access Point dari WiFi aja, biar rada cepet downloadnya.

Download anda selesai, buka applikasi di folder Downloads.

Inilah tampilan awal dari WordPress for BlackBerry. Ada 3 button pilihan yang disediakan. Start a new blog at WordPress, adalah tombol yang akan mendirect anda ke sebuah tampilan sign up WordPress. Add existing WordPress.com blogs, yaitu tombol yang akan menampilkan form sign in access ke blog WordPress anda, yang berisi username dan password. lihat gambar:

Sedangkan Add existing WordPress.org blog, adalah tombol yang akan menampilkan sign in access ke blog WordPress.org anda, yang memiliki form url, user name, dan password. lihat gambar:

Karena saya hanya memiliki blog di WordPress.com, maka artikel selanjutnya akan mengenai tampilan WordPress yang ada di applikasi.

Lanjut, kita memasukkan Username dan Password pada tampilan sign in WordPress.com .

Klik sign in.

Selanjutnya akan muncul sebuah pop-up untuk memilih blog mana yang akan anda gunakan. Karena saya memiliki 2 blog, dan saya pun ingin menggunakan keduanya dalam applikasi ini. Maka conteng keduanya dan klik tombol add all.

selanjutnya..

Tunggu applikasi hinggal logo loading menghilang. Applikasi memerlukan waktu tersebut untuk mengakses ke dalam blog anda.

Kalau tampilan sudah seperti gambar diatas, silakan anda klik pada blog mana yang akan anda eksplore. Tampilan selanjutnya akan sama fungsinya seperti Dashboard pada layanan blog WordPress.com anda.

Selebihnya anda bisa coba sendiri ya.. hehehe

Jangan Lupa untuk configurasi notifikasi anda, untuk dapat mengetahui apakah ada komentar/apapun yang terjadi pada blog anda.

OKE, SELAMAT MENCOBA.